Kenaikan BBM adalah Ujian Nasional

Seperti yang kita ketahui bersama, per 22 Juni 2013 pukul 00.00 WIB bahan bakar minyak (BBM) resmi naik. Meski terjadi penolakan di mana-mana, tapi pemerintah tetap dengan kebijakannya. BBM naik, tentu saja kenaikan harga-harga yang lain pun ikut naik. Inilah sebenarnya yang masyarakat takutkan, kenaikan harga-harga akibat kenaikan BBM. BBM untuk bensin premium naik hanya Rp. 2.000/ liter, tapi cabe merah naik Rp. 20.000/ kg. Itu sekedar contoh betapa kenaikan harga BBM membuat haga-harga yang lain juga melonjak naik.

Tapi, rasanya tak elok apabila kita hanya sibuk mencaci pemerintah, sibuk mengekspresikan kekecewaan, sibuk menggerutu keadaan. Kenaikan BBM sudah terjadi, kenaikan harga-harga sudah terjadi. Hal yang seyogyanya kita lakukan adalah segera berbenah, siapkan diri dengan keadaan yang telah berubah. Kita semua harus bersabar dan tetap berbaik sangka, anggap ini sebagai ujian nasional. Ujian yang kita rasakan bersama dan harus kita hadapi dengan solusi.

Kesabaran yang disertai sikap berbaik sangka dan tetap optimis dalam menjalani hidup adalah modal yang baik. Selanjutnya kita bisa melakukan upaya-upaya lain, yakni upaya penghematan. Jika bepergian kita biasa mengendarai mobil pribadi, mulailah dengan menggunakan sepeda motor, otomatis bensin lebih hemat. Jika kita biasa bepergian, melakukan kegiatan-kegiatan yang sebenarnya tidak bermanfaat, maka mulailah kurangi kegiatan-kegiatan tersebut. Jika ternyata ongkos-ongkos angkutan pada naik, maka biasakanlah berjalan kaki atau naik sepeda untuk jarak yang relatif dekat. Ada banyak pos-pos yang bisa dipangkas biayanya sebagai wujud dari penghematan.

Setelah upaya penghematan kita lakukan, maka upaya selanjutnya adalah bagaimana caranya kita bisa mendapatkan rejeki yang jauh lebih baik. Bagaimana kita bisa lebih mengoptimalkan kemampuan dan potensi diri sehingga kita bisa mendapatkan rejeki yang jauh lebih banyak dan lebih berkah dari sebelumnya. Bagi para pedagang, kenaikan BBM disikapi dengan menaikkan harga dagangannya, ya ini memang cara rasional. Bagi para pekerja bagaimana caranya supaya bisa melayakkan diri untuk mendapatkan gaji dan posisi yang lebih tinggi. Selalu ada jalan bagi orang yang bersungguh-sungguh.

Bersabar atas keadaan, melakukan penghematan dan meningkatkan pendapatan, ini adalah reaksi yang sepantasnya kita lakukan sebagai bentuk penyikapan kenaikan BBM yang kita anggap ujian nasional ini. Semoga kita senantiasa dimudahkan oleh Yang Maha Memudahkan. Hingga kita bisa menjadi pemenang atas ujian yang kita hadapi ini.

Iklan

6 responses to “Kenaikan BBM adalah Ujian Nasional

  1. Iya, benar sekali, Kak. . .
    Tak ada manfaatnya kita berkeluh kesah, yang terpenting kita semua tetap optimis dalam mengais rejeki. . . 🙂

    Sejak kapan pindah ke sini?


    Sejak tanggal 28 Juni ini dik 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s