Menjadi Pribadi Menarik dan Menyenangkan

Menjadi pribadi menarik dan menyenangkan bukanlah sebuah tuntutan, melainkan kebutuhan kita sebagai mahluk sosial. Mahluk yang senantiasa berhubungan dengan manusia lain, mahluk yang membutuhkan kehadiran manusia lain dalam menjalankan kehidupannya, dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan adalah  sesuatu yang akan menjadi modal baik bagi kita dalam menjalani kehidupan ini.

Seperti apa sih pribadi menarik dan menyenangkan tersebut? Tentu saja untuk bisa menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan butuh karakter, sikap, tutur bahasa dan prilaku yang baik yakni diantaranya:

  • Ramah,
  • Murah senyum,
  • Sopan dan santun,
  • Bisa menjadi pendengar yang baik,
  • Bisa menjadi pemberi solusi,
  • Menghargai orang lain,
  • Mampu menempatkan diri dengan baik,
  • Mampu menjadi penengah dan juru damai,
  • Menebarkan rasa optimis,
  • Mampu menghibur dan menceriakan,
  • Mampu memberi nasihat yang baik dan menenangkan,
  • Mampu memberi lebih banyak manfaat,
  • Mampu menjadi tauladan baik,
  • dan lain-lain.

Sebenarnya, karakter-karakter pribadi menarik dan menyenangkan tersebut bisa lebih disederhanakan dengan:

  • Ramah
  • Sopan santun
  • Bermanfaat

Kita bisa berintropeksi diri, apakah karakter-karakter di atas tersebut semuanya ada pada diri kita, atau ada sebagian saja, atau kadang-kadang ada kadang-kadang tidak ada, atau bahkan bisa jadi tidak ada. Jika sudah ada, berarti kita bisa tingkatkan dan terus perbaiki kualitasnya. Jika belum ada maka segera lahirkan karakter tersebut pada diri kita. Dengan menjadi pribadi menarik dan menyenangkan kita bisa mendapatkan banyak manfaat banyak keuntungan. Manfaat yang paling indah tentu saja pahala kebajikan jika kita ikhlas melakukannya. Bonus manfaat lainnya adalah semakin banyak orang yang akan bertindak baik terhadap kita semisal dengan memberikan kita kesempatan kerja, meminta kita untuk menjalin kerjasama usaha, meminta kita untuk menjadi bagian dari keluarga mereka dan masih banyak lagi manfaatnya.

Saya mencontohkan, ketika saya menjadi MC, peserta terhibur dan terceriakan, acara pun berjalan lancar, alhasil panitia atau yang punya gelaran puas. Ini artinya, sebagai MC saya telah menjalankan pekerjaan ini secara profesional, dan modalnya selain kemampuan berkomunikasi tentu saja saya harus menjadi pribadi yang memang menarik dan menyenangkan terlebih dahulu. Bayangkan jika saya menjadi MC wajah saya malah kusut bermuram durja, bermuka masam dan malas mengembangkan senyuman, berbicara sekenanya dengan intonasi yang tak menyenangkan, sudah pasti semua akan kecewa dan acara pun menjadi tak sempurna.

Saya tak perlu banyak mencontohkan, karena saya yakin Anda pun akan dengan mudah membedakan pribadi yang menarik dan menyenangkan dengan yang bukan. Mudah bagi kita untuk menilai orang lain kan, nah masalahnya kadang kita lupa untuk menilai diri dan memperbaikinya. Jadi sempatkan diri berintropeksi lalu menjelmalah menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan. Percayalah ini baik untuk Anda.

Oh ya, setelah kita berupaya untuk bisa menjadi pribadi menarik dan menyenangkan, ini bukan berarti kita tidak akan menemukan orang yang tak suka kepada kita. Rasulullah saja yang akhlaknya begitu indah, tetap saja ada orang yang membencinya. Hal ini jangan membuat kita kecil hati, soal penilaian orang terhadap kita adalah soal lain, yang penting bagi kita itu adalah menjadi pribadi terbaik dan tidak merugikan orang lain. Karena menjadi pribadi menarik dan menyenangkan itu bukanlah beban, melainkan kebutuhan yang membuat hati kita pun nyaman. Sepakat?

Iklan

5 responses to “Menjadi Pribadi Menarik dan Menyenangkan

  1. A..artikelnya memberikan motivasi perubahan.
    Nutrisi bagus untuk setiap perconality kita, yang seharusnya disampaikan oleh seorang personal development 🙂

    Salam hangat dari Bali ya A….

  2. ibarat hujan dimusim kemarau | jadilah pribadi yang kedatangannya selalu ditunggu ^_^
    kalo gitu kalo Webers dan Bloofer ada acara ga usah repot cari MC nich ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s