Pembentukan Kelompok Mastermind (KMM) Ahad 77

Kelompok Mastermind (KMM) adalah kelompok-kelompok kecil yang memiliki komitmen tinggi yang beranggotakan para pebisnis dan atau calon pebisnis untuk mencapai target yang disepakati bersama. Dengan adanya kelompok mastermind ini diharapkan para pebisnis akan memiliki lingkungan (miliu) yang positif yang dapat mendukung perkembangan bisnisnya. Dari kelompok ini diharapkan akan menghasilkan para pebisnis tangguh, memiliki perilaku untuk saling membantu sesama anggotanya, serta memiliki jaringan kerja (network) yang kuat. Kelompok Mastermind memiliki kurikulum & referensi yang dijadikan acuan dalam setiap pembahasan.

Pengertian KMM di atas saya dapat dari blog TDA Mastermind. Blog ini berisi informasi tentang kelompok-kelompok mastermind TDA, kegiatan-kegiatan tiap kelompok mastermind, serta semua informasi yang berhubungan dengan kelompok mastermind TDA. Sayang blog yang pertama kali update artikel pada 30Maret 2007 ini sepertinya tidak dilanjutkan lagi dan terakhir update pada 21 April 2009.

Di TDA Bogor Raya, saya pun mengenal KMM. KMM yang saya pahami di TDA Bogor Raya adalah kelompok kecil yang anggotanya tidak lebih dari sepuluh orang, dimana mereka rutin mengadakan pertemuan untuk melakukan sharing bisnis. KMM terbentuk atas inisiatif member TDA sendiri, jadi tidak ada campur tangan dari pengurus TDA dalam menunjuk siapa saja anggota KMM, kapan dibentuk, dan berapa kali mereka bertemu dalam sebulan. Dalam KMM tidak ada seorang mentor, tapi KMM boleh mengundang seseorang di pertemuannya yang didaulat untuk memberikan materi. KMM tidak ada masa berlakunya, sebenarnya semakin erat hubungan antar anggota KMM maka akan membuat usia KMM tersebut bertahan lama.

Berikut akan saya tuliskan perbedaan KMM dan KMB agar tidak menjadi rancu, tentu saja ini menurut yang saya pahami:

  1. KMM dibentuk atas inisiatif anggota TDA, KMB dibentuk oleh pengurus TDA,
  2. Syarat menjadi anggota KMM adalah telah menjadi member TDA, syarat menjadi anggota KMB telah lulus KMIB dan lulus persyaratan lainnya yang ditentukan pengurus TDA dan mentor KMB,
  3. Masa berlaku KMM sesuai kebutuhan anggota KMM, masa berlaku KMB selama dua tahun,
  4. KMM tidak memiliki mentor, KMB dibina oleh seorang mentor,
  5. KMM lebih ke arah sharing antar anggota, KMB tidak hanya sharing namun ada pemaparan materi oleh mentor.
  6. KMM dikoordinasi oleh Divisi Re Edukasi, KMB dikoordinasi oleh Divisi Kaderisasi & PSDM.

Di TDA Bogor Raya itu telah terbentuk beberapa KMM, salah satunya adalah KMM Ahad 77. KMM ini diresmikan pada tanggal 7 Juli 2013 di rumah saya. Lho kok di rumah saya? Mungkin ini hanya sebuah kebetulan saja karena beberapa alumni KMIB 03 ini pada ketemuan munggahan di kedai Mie Janda 01 sejak ba’da ashar. Selepas berjamaah shalat maghrib mereka bersilaturahim ke rumah sederhana saya dan sepakat membentuk KMM yang beranggotakan delapan orang yang semuanya merupakan alumni KMIB 03 TDA Bogor Raya. Dinamakan KMM Ahad 77 ini disesuaikan dengan kapan KMM ini didirikan, yakni di hari Ahad pada tanggal 7 bulan 7 tahun 2013. KMM Ahad 77 diketuai oleh Devi Novita Astuti. Berikut anggota-anggota KMM Ahad 77:

  1. Devi Novi Astuti owner Desain Apik dan Keripik Pisang Teens
  2. Mirawati owner Optik Kayumanis
  3. Amina Nagib owner Everiday Organic
  4. Inda Lusiana owner Indasmart
  5. Syarief Firdaus owner Indasmart
  6. Joyo Mulyadi pengusaha kambing dan tas
  7. Adib owner Rumah Usaha Adlillah
  8. Dilla owner Rumah Usaha Adlillah

Saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan alumni KMIB 03 yang telah tergabung di KMM Ahad 77. Semoga hubungan kalian semakin erat, saling mendukung untuk kejayaan bisnis masing-masing. Terima kasih telah mempercayai saya sebagai saksi berdirinya KMM pengusaha-pengusaha hebat ini, padahal saya bukan siapa-siapa. Terima kasih atas kunjungannya di kedai Mie Janda 01 dan di rumah sederhana saya. Salam sukses berkelimpahan. Ayo siapa lagi yang mau bentuk KMM?

Iklan

9 responses to “Pembentukan Kelompok Mastermind (KMM) Ahad 77

  1. Terima kasih sudah bersedia menjadi tempat lahirnya KMM Ahad 77. Mohon bimbingan dari semua mentor TDA, khususnya TDA Bogor Raya. Salam Sukses

  2. Alhamdulillah, mendapatkan keluarga seri baru di TDA Bogor Raya….tks Kang Achuy sudah mendampingi, salam sukses utk kita semua.

  3. Muantabzzz, Selamat kepada teman-teman Alumni KMIB03 yang telah membentuk KMM Ahad77. Semoga semakin mempererat tali Silaturahmi Bisnis nya. Kang Achuy, nanti gantian kloter kedua akan berkunjung ke Mie Janda. Mohon maaf kemarin belum bisa bergabung, waktunya bersamaan dengan kegiatan bersama Team @KreatifMilyaran di Bandung.


    Siap, dinanti kabar gembiranya dari pembentukan KMM kedua dari alumni KMIB 03. Saya siap jadi saksi lagi 🙂

  4. Alhamdulilah, kang Achoey, KMM kami, KMM CEO juga sudah terbentuk,… menyusul KMM Ahad 77, semoga bisa terus berbagi dan bersinergy, berkah manfaat.., saluTDA Bogor Raya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s