Training Motivasi di MTS & MA Al Iltizam

Kemarin saya dimintai untuk memberikan training motivasi di MTs dan MA Al Iltizam yang terletak di Cibinong Kabupaten Bogor. Biasanya saya menolak jika permintaan terlalu mendadak, salah satu alasannya adalah karena kita juga butuh waktu untuk menyiapkan materi serta slide show (bahan presentasi) yang baik sehingga training motivasi pun berjalan effektif. Tapi karena sekolah ini jaraknya dekat, hanya sekitar 1,5 KM dari rumah saya dan juga karena yang meminta saya memberikan training motivasi juga guru ngaji saya dulu maka saya pun mengiyakan. Pada hari ini, Selasa 16 Juli 2013 saya pun memberikan training motivasi selama sekitar 2,5 jam dengan judul materi “Pelajar Pemenang“, tentu saja materi ini sesuai permintaan pihak sekolah yang bersangkutan.

Pihak sekolah memberikan pengantar

Pihak sekolah memberikan pengantar

Acara dimulai sekitar jam 09.30 dengan dibuka dengan pengantar oleh Bapak Mayhardi selaku penanggung jawab kegiatan. Lalu saya pun mulai menjalankan tugas dengan memberikan materi motivasi di hadapan sekitar dua ratusan santri sekolah tersebut. Kalau tidak salah, ini ketiga kalinya saya menjadi pemateri training motivasi di sekolah ini, tentu saja saya harus memberikan materi lebih baik lagi.

Saya awali dengan game melatih keyakinan, semua peserta dilibatkan dan mereka mulai antusias. Setelah terkondisikan, baru materi pun disampaikan. Pada kali ini saya tidak sekedar membangun semangat, tapi saya berupaya sentuh hati mereka agar materi ini benar-benar bisa dipahami dan melekat di hati. Sesuai rencana, para peserta pun tersentuh dan menangis secara berjamaah. Saat inilah adalah saat yang tepat untuk hujamkan kembali nasihat-nasihat kebajikan, hujamkan kembali pompaan semangat perbaikan. Sehingga hasil dari training motivasi ini benar-benar berdampak, bukan sekedar rutinitas acara yang tampak meledak-ledak, namun melempem saat acara selesai dan pembicara pulang.

Siswa-siswi MTs dan MA al Iltizam

Siswa-siswi MTs dan MA al Iltizam

Karena keterbatasan waktu untuk mempercantik slide show (presentasi), maka saya perkuat dengan sugesti, dimana mata tidak lagi fokus kepada layar melainkan fokus pada pembicara. Peran saya benar-benar harus lebih dominan dan powerfull. Alhamdulillah acara pun berjalan dengan lancar dan selesai sekitar jam 11-an. Semoga, mereka bisa benar-benar menjadi pelajar pemenang.

3 responses to “Training Motivasi di MTS & MA Al Iltizam

  1. KerenBinBeken ,kalo sy diminta ngomong di bulan Puasa selama 2,5 jam wah ga betah kang, ga tahan haus. Dulu biasanya di bulan puasa juga ngisi training gitu di SMA paling sy hanya minta 1 jam aja hehe..

Tinggalkan Balasan

