Tips Agar Khatam Tadarus Al Qur’an di Bulan Ramadhan

Tips agar khatam tadarus Al Qur’an di bulan Ramadhan ini sebenarnya ditujukan untuk saya  sendiri yang tergolong masih belum terbiasa rutin tilawah one day one juz di luar bulan Ramadhan. Bagi sahabat pembaca yang punya kesamaan dengan saya, yakni tak terbiasa tadarus atau tilawah Al Qur’an rutin dan banyak-banyak, mungkin tips yang akan saya sampaikan ini juga bisa diaplikasikan.

Tips ini muncul ketika saya menyampaikan ceramah Ramadhan untuk karyawan, dimana setiap mereka ditargetkan untuk mampu khatam tilawah Al Qur’an minimal satu kali di bulan Ramadhan. Hal ini karena rata-rata mereka tak biasa tilawah banyak dan rutin selama ini. Bersyukur bagi mereka yang di luar bulan Rmadhan sudah terbiasa khatam Al Qur’an setiap bulan, yakin kalau di bulan Ramadhan mereka bisa khatam lebih banyak lagi. Dalam waktu seminggu saja sudah ada yang khatam dua kali, kalau konsisten dalam sebulan bisa khatam delapan kali, subhanallah.

Saat saya tilawah sambil menunggu Isya di suatu mushola, sang imam mushola bertanya kepada saya tentang sudah sejauh mana saya tadarus Al Qur’an, lalu saya pun menjawab baru beberapa juz saja. Imam mushola ini menjelaskan bahwa Ramadhan tahun lalu beliau khatam enam kali. Saat saya menunjukkan kekaguman, beliau merendah dan menyatakan, bahwa itu bisa beliau capai karena beliau sudah santai dan banyak waktu. Beliau memang sudah tua dan sudah pensiun, penghasilannya datang dari hasil penyewaan kontrakannya yang cukup banyak.

Nah, lalu bagi kita yang masih sibuk dengan aktivitas penjemputan rejeki dan aktivitas lainnya. Bagaimana bagi kita yang membaca Al Qur’annya belumlah sangat lancar. Berikut adalah tips sederhana dari saya:

  • Luruskan niat bahwa membaca Al Qur’an adalah bentuk ibadah kita dan bentuk kecintaan kita pada petunjuk Allah.
  • Tentukan target karena target akan membuat kita bersemangat. Misal target kita khatam 1 kali di bulan Ramadhan.
  • Biasakan membaca Al Qur’an selepas shalat fardhu.
  • Jika satu juz itu sebanyak dua puluh halaman (sepuluh lembar), berarti kita membaca minimal empat halaman setiap selesai shalat fardhu (4 halaman x 5 = 20 halaman = 1 juz)
  • Jika ba’da maghrib tidak keburu karena kekenyangan akibat berbuka, selepas shalat tarawih berarti kita tilawah diperbanyak. Rasa kantuk usir dengan semangat mencapai target.
  • Jika ba’da subuh kita buru-buru karena harus berangkat kerja, maka tilawahlah setelah sahur dan sebelum subuh.
  • Bagi yang bekerja, biasanya akan menemukan waktu istirahat sebanyak satu jam di waktu dzuhur. Karena kita tidak butuh makan siang, maka kesempatan untuk bisa tilawah sangat besar bahkan kita bisa lebih dari 4 halaman.
  • Saat bekerja pun sempatkan shalat ashar, dan sempatkan tilawah meski hanya satu atau dua halaman.
  • Perkiraan saya, untuk mencapai satu juz tilawah itu kita butuh waktu satu jam saja. Maka alokasikan waktu satu jam itu baik langsung atau pun dibagi beberapa waktu.
  • Manfaatkan waktu senggang, dan waktu libur untuk memperbanyak tilawah, jaga-jaga agar hari-hari yang super sibuk dan mengakibatkan tilawah kita kurang bisa tersubsidi di hari yang senggang tadi.
  • Jika diakhir Ramadhan ternyata kita masih belum khatam bahkan masih ada sisa banyak, maka bersemangatlah untuk mengalokasikan waktu lebih banyak biar target tercapai.
  • Percayalah, ketika kita mampu khatam minimal satu kali di bulan Ramadhan itu, rasanya seneng banget dan semoga kita menjadi terbiasa di luar bulan Ramadhan.

Demikian tips agar khatam tadarus Al Qur’an di bulan Ramadhan dari saya, semoga bermanfaat. Semoga kita mampu mencapai target Ramadhan kita. Aamiin.

Iklan

4 responses to “Tips Agar Khatam Tadarus Al Qur’an di Bulan Ramadhan

  1. ya kang 1 juz 10 lembar, kalo sy bagi-baginya, habis shubuh 2 lembar, sore sebleum maghrib 2 lembar, habis maghrib 1 lembar dan habis tarawih 2 lembar dan saat saur 3 lembar. semoga bisa lancar hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s