Panduan Menjadi MC Acara Buka Puasa Bersama

Tulisan kali ini lagi-lagi sebagai jawaban atas kebutuhan para pencari inspirasi yang terdampar di blog sederhana saya. Kita ketahui bersama bahwa di Bulan Ramadhan ini marak sekali acara buka puasa bersama yang bersifat semi formal. Kegiatan ini biasanya diadakan oleh perusahaan, intansi pemerintahan, komunitas atau organisasi. Tentu saja kegiatan ini butuh seseorang yang mampu memandu acara sehingga acara bisa berjalan dengan baik dan juga berkesan baik.

Bagi orang-orang yang sudah menjalani profesinya sebagai MC secara profesional, tentu saja tidak akan tampak kikuk ketika dipinta untuk menjadi MC dalam kegiatan apa pun dan dalam kondisi apa pun. Ini karena mereka telah terbiasa dan telah terlatih. Tapi bagi MC dadakan, tentu saja semuanya butuh persiapan. Meskipun saya tidak menjadikan MC sebagai profesi yang dengan fokus saya geluti, tapi saya pada beragam kegiatan saya sering menjadi MC. Kemampuan berkomunikasi, kemampuan untuk menguasai panggung adaah modal baik bagi seorang MC. Tentu saja nanti ditambah dengan pengetahuan tentang kegiatan yang akan dibawakan, siapa penyelenggara, sponshor dan siapa saja pesertanya.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan panduan menjadi MC acara buka puasa bersama dari saya:

  • Siapkan mental, bahwa kita adalah seorang MC yang bertugas memandu kelancaran jalannya acara. Buang rasa ketidakpedean, buang rasa malu dan panik untuk berbicara di depan umum.
  • Perhatikan penampilan, berpakaianlah yang sopan dan sesuaikan dengan acara. Bagi laki-laki mengenakan baju koko dan perempuan mengenakan pakaian muslimah tentu menambah rasa percaya diri.
  • Jangan kaku, ingat acara buka puasa bersama itu bukan acara formal-formal banget seperti upacara bendera.
  • Bersikap humoris, buat joke-joke yang membuat peserta tertawa tanpa membuat khidmat acara menghilang. Ingat, acara ini dilakukan di sore hari saat para peserta lapar, acara yang membuat mereka tertawa dan ceria akan membuat rasa lapar itu terkurangi.
  • Jalankan acara sesuai jadwal, jangan sampai pas adzhan maghrib tiba-tiba acara dipotong padahal kultum baru aja mau dimulai. Jadi, MC benar-benr harus mampu mengingatkan setiap pengisi acara jangan sampai melebihi waktu yang telah disediakan.
  • Jika tempat acara dekat dan ini adalah acara sosial, sedekahkanlah kemampuan Anda sebagai ladang pahala di bulan Ramadhan. Kalau pun tetap di bayar ya anggap saja ini sebagai bonus Ramadhan.

Demikian tips yang semoga bisa menjadi panduan menjadi MC di acara buka puasa bersama. Semoga Ramadhan senantiasa membuat kita ceria.

Iklan

4 responses to “Panduan Menjadi MC Acara Buka Puasa Bersama

  1. wah yang udah sering jadi mc..
    eh A nanti klo hutan ngundang a jadi Mc gratis yaa?
    # dikeplak… 😀


    Buat Wiend gratis asal jangan jauh2 dari Cibinong 🙂

  2. ini cara standar menjadi MC. menjadi master of ceremonial apapun dan di mana pun mesti memerhatikan penampilan dan menyiapkan mental. selamat menjalankan ibadah ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s