Materi Pesantren Kilat yang Asyik untuk Remaja

Materi pesantren kilat yang asyik untuk remaja adalah materi keagamaan yang dilengkapi dengan materi pengembangan diri serta out door games. Sesuai dengan namanya, tentu saja materi pesantren kilat harus sarat dengan nilai-nilai ilmu keislaman. Namun terkadang, cara penyampaian materi yang monoton terkadang membuat para peserta sanlat bosen dan akhirnya kurang meminati program sanlat ini. Bahkan ketika sekolah mewajibkan pun, masih saja ada siswa yang bolos dengan berbagai alasan. Untuk itu, menurut saya perlu adanya modivikasi tanpa menghilangkan esensi dari program pesantren kilat itu sendiri.

Masjid atau mushola bisa saja mengadakan kegiatan pesantren kilat yang dikelola oleh DKM atau Ikatan Remaja Masjid dengan target peserta adalah remaja (siswa-siswi SMP dan SMA). Tentu saja dengan materi tambahan yang memikat dan menjadi daya tarik para remaja serta pemateri yang mampu membuat para peserta tertarik untuk tetap menyimak dan mengikuti program sanlat tersebut.

Berikut adalah contoh materi yang bisa disampaikan:

  • Tauhid: Allah yang ESA, Bukti Adanya Tuhan
  • Fiqh: Tata Cara Bersuci, Tata Cara Shalat
  • Belajar membaca Al Qur’an
  • Tarikh: Sejarah Hidup Nabi Muhammad saw., Sejarah Khulafaur Rasyidin
  • Ahlakh: Akhlaq kepada diri Sendiri, Allah, Orang Tua dan Masyarakat
  • Pengembangan Diri: Pelatihan Menulis, Pelatihan Komunikasi, Motivation Building, Manajemen Perasaan Cinta
  • Out Door Games: Simulation Games yang membentuk karakter remaja muslim yang tangguh, memiliki jiwa kepemimpinan serta kekompakkan dalam team work.

Materi ini adalah penggabungan dari materi keagamaan yang lazim diberikan pada sanlat untuk remaja serta ditambah materi pengembangan diri yang akan membuat pengetahuan serta pembentukan karakter para peserta sanlat lebih OK lagi. Mungkin inilah materi pesantren kilat yang asyik untuk remaja. Selamat menyelenggarakan sanlat dengan baik dan sukses!

Iklan

5 responses to “Materi Pesantren Kilat yang Asyik untuk Remaja

  1. Wah, jadi inget pas masa-masa pesantren kilat zaman SMA dulu. Saya cukup menikmatinya, soalnya kekeluargaannya kuat, hehe….
    Wah, Mas Haris produktif banget ya nulisnya. Blognya selalu terisi postingan-postihgpostingan-postingan baru. Sukses, Mas!


    Alhamdulillah nih lagi ngebut sebelum lebaran. Biar banyak sedekah tulisannya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s