Training Motivasi di SMA Negeri 1 Cibinong

Tadi sore, Kamis tanggal 25 Juli 2013 saya mengisi acara training motivasi di SMAN 1 Cibinong. Acara ini dilaksanakan dalam rangka pesantren kilat yang diadakan sekolah, dan saya di daulat sebagai salah satu pengisi acara. Saya diberikan jadwal mulai jam 15.45 sampai dengan jam 17.30 WIB. Saya pun mencoba memanfaatkan waktu tersebut untuk memberikan materi sebaik mungkin.

Materi yang saya bawakan adalah bagaimana cara menjadi pelajar pemenang. Ini penting terutama peserta trainin motivasi kali ini adalah siswa kelas XII. Saya sadari, apabila memberikan training motivasi di depan ratusan siswa itu memerlukan pengkondisian yang baik serta alat bantu yang mencukupi. Alat bantu itu berupa perlengkapan audio yang bagus dan infocus yang menampakkan materi yang jelas. Infocus ada namun sayang audionya kurang bagus. Sehingga suara saya masih kurang jelas terdengar terlebih ketika masih ada saja siswa yang sibuk ngerimpu dan tidak fokus.

peserta bersiap mengikuti training motivasi

peserta bersiap mengikuti training motivasi

Saya mencoba memahami bahwa kondisi menjelang berbuka para siswa menurun konsentrasinya, lebih cenderung inginnya santai dan mencari hiburan yang menceriakan. Tapi saya melihat peserta berupaya tetap fokus mungkin karena mereka memang butuh dengan materi yang saya sampaikan. Jadi berupaya melakukan penyampaian materi yang terbaik agar mereka benar-benar mendapatkan manfaatnya.

Saat sesi materi saya akhiri dan sesi tanya jawab saya mulai, peserta awalnya masih tampak malu-malu untuk bertanya, namun demikian penanya pun bermuculan. Termin pertama untuk dua penanya dan termin kedua untuk tiga penanya. Pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan cukup bagus dan saya pun berupaya memberikan jawaban yang bagus dan memuaskan. Alhamdulillah, sepertinya mereka menjadi lebih semangat setelah materi ini disampaikan dan sesi tanya jawab diadakan.

Alhamdulillah, sekitar satu jam setengah saya memberikan materi di sana. Setelah selesai pun langsung menuju pulang agar bisa berbuka di rumah yang memang jaraknya hanya sekitar 2 KM dari SMA Negeri 1 Cibinong. Semoga training motivasi yang saya bawakan ada manfaatnya bagi mereka.

Iklan

5 responses to “Training Motivasi di SMA Negeri 1 Cibinong

  1. biasa A klo jam segitu yanga da dipikiran para remaja itu menu makanan jadi kurang fokus..

    naah mungkin yang lebih fokus para perempuannya, fokus ngeliatin aa 😀


    hehe, saya disangka ustadz solmed. Hadeuh 😀

  2. semoga adik2 SMA tercerahkan dan semoga aktivitas itu tercata sebagai amal jariyah tuk pematerinya. ^_^


    Aamiin, itu harapanku sob 🙂

  3. Sukses A…
    Suatu saat Aa bisa jadi motivator terkenal dan wira-wiri di TV national, jadi bangga deh karena udah kenal A duluan 😛
    Dan nanti kalau mau adain training motivasi di Bali Hani pasti datang A…he he he


    Hehe, kalau wara-wiri di TV ntar jadi banyak penggemar terus pada ngejar minta tanda tangan hehe. Itulah de, belum siap terbangnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s