Hikmah Baju Lebaran

Di bulan Ramadhan, biasanya pusat-pusat perbelanjaan dipenuhi para pembeli. Terlebih di pusat perbelanjaan pakaian. Masyarakat seperti sudah menjadikan pakaian baru untuk lebaran sebagai bagian dari tradisi mereka. Ya “baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya”, begitulah ungkapan betapa baju atau pakaian baru itu cukup penting kehadirannya di saat lebaran.

Begitu bersemangatnya masayarakat muslim untuk membeli baju lebaran tentu ini merupakan ekspresi luapan kegembiraan menyambut Hati Kemenangan setelah sebulan menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kita tahu, bahwa kebahagiaan orang yang berpuasa itu ada dua, yakni bahagia kala berbuka dan bersua Idul Fitri serta kebahagiaan berjumpa Allah di akhirat nanti. Maka adalah suatu hal yang wajar jika masayarakat berduyun-duyun membeli baju baru, tentu saja dengan syarat tidak memaksakan diri dan membeli sesuai kondisi ekonomi masing-masing. Serta bukan pula dengan niat pamer dan menyombongkan diri di Hari Raya.

Tradisi membeli baju baru untuk lebaran ini sebenarnya kita bisa ambil hikmahnya. Menurut saya hikmah dari baju lebaran adalah semangat kita untuk menjadi pribadi baru yang lebih bersih hatinya, lebih indah ahlaknya dan lebih bertakwa. Bukankan kita tahu bahwa manfaat puasa adalah untuk membentuk pribadi bertakwa.

Sebagaimana ucapaan yang sering kita ucapkan kepada sesama muslim, “Minal Aidin Wal Faizin” yang artinya kurang lebih “semoga termasuk orang yang kembali -kepada fitrah- dan orang yang mendapat keberuntungan”. Fitrah itu suci, kembali kepada kesucian. Setelah berpuasa, semoga dosa-dosa kita terbakar, Allah memberikan rahmat dan ampunan lalu kita pun terhindar dari siksa api neraka. Kembali kepada kesucian, berarti menjadi pribadi yang kembali baru. Seperti halnya pakaian baru, bersih tak bernoda, wangi serta sedap dipandang mata. Maka seperti itulah kita layaknya selepas berpuasa, kembali menjadi pribadi baru yang bersih dari dosa, wangi dan indah dipandang karena ahlak indah kita.

Itulah hikmah baju lebaran, yakni menginspirasi kita untuk menjadi pribadi baru, pribadi yang kembali kepada kesucian. Bersih hatinya, indah ahlaknya. Doakan semoga saya dan kita semua bisa mencapainya. Selamat berbahagia.

Iklan

5 responses to “Hikmah Baju Lebaran

  1. Beberapa hari yang lalu saya melewati dua toko pakaian muslim besar di kota saya. Ya ampun, ruame buangett. Parkirannya penuh, bahkan melebihi batas parkir. Tapi saya sendiri nggak beli pakaian baru. Dari dulu setiap hari raya sudah begitu, hehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s